Mulai Besuk Solo Menerapkan Karantina Bagi Pemudik

detikcyber.com, Solo – Setelah sempat tertunda, Pemkot Solo akhirnya mulai memberlakukan sanksi karantina bagi pemudik besok.

Bagi pemudik yang ketahuan oleh petugas Jogo Tonggo akan dikarantina di Solo Technopark, Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah,” kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat dihubungi wartawan, Sabtu (19/12/2020).

Sanksi tersebut sesuai Surat Edaran Wali Kota Solo Nomor 067/3205 yang terbit pada hari ini, Sabtu (19/12/2020). Aturan karantina yang berisikan bahwa karantina paksa diberlakukan bagi pendatang yang tinggal di rumah penduduk selama paling tidak 1×24 jam.

Terdapat beberapa pengecualian bagi pemudik atau pendatang. Antara lain bagi masyarakat luar Solo yang bekerja di Solo untuk sementara waktu.

Selain itu, surat keterangan swab antigen dan PCR yang sebelumnya tidak berlaku, kini menjadi pengecualian. Hal tersebut menyusul aturan Gubernur Jawa Tengah yang memperbolehkan pelaku perjalanan masuk ke Jawa Tengah dengan syarat hasil swab antigen atau PCR negatif.

“Hasil swab berlaku maksimal dua hari sebelum diperiksa petugas Jogo Tonggo,” terangnys.

Dalam SE baru juga mengatur larangan selebrasi Pilkada 2020, larangan perayaan Natal dan tahun baru di tempat umum.

Bagi pelanggar protokol kesehatan akan disanksi kerja sosial, yakni membersihkan parit di sekeliling di Benteng Vastenburg selama 8 jam. Pemkot juga akan menyediakan tempat istirahat dan makanan bagi pelanggar. ( Dikhi Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *