200 Awak Bus Jalani Tes Kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo, dan Begini Hasilnya

detikcyber.com, SOLO – 200 sopir dan awak bus yang masuk di Terminal Tirtonadi Solo menjadi mendapatkan pemeriksaan Kesehatan. Selain itu juga pemeriksaan ram check atau uji laik jalan sebagai kesiapan jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kegiatan tes kesehatan yang dilakukan selama dua hari, diperoleh hasil 150 Pengemudi dan Awak bus dinyatakan layak jalan. Serta 50 Awak bus lainnya dinyatakan memiliki penyakit hipertensi, gula, dan tidak adanya keseimbangan.

“Pada saat tes kesehatan ada juga pengemudi diistirahatkan sementara agar tidak membahayakan penumpang pada saat arus Nataru,” ungkap Kasi Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota DKK Kota Surakarta Sunaryo saat dikonfirmasi di sela pemeriksaan, Kamis (17/12/2020).

Kasi Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota DKK Kota Surakarta Sunaryo, mengungkapkan dari target tes kesehatan ini yang dinyatakan diabetes dan hipertensi 6 orang. Kemudian pre hipertensi sejumlah awak bus tes keseimbangan dinyatakan normal.

“Dari hasil tes kesehatan yang dilakukan pada Rabu (16/12/2020) diantaranya hipertensi 30 orang, gula diabet 6 orang, tanpa keseimbangan 7 orang. Sedangkan tes narkoba negatif semua, yang layak jalan 65 orang dari 105 awak bus,” beber Sunaryo saat dikonfirmasi di sela pemeriksaan, Kamis (17/12/2020).

Sementara itu, Pengemudi Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Susanto menyambut positif diselenggarakan ram check dan pemeriksaan kesehatan. Apalagi pemeriksaan ini rutin dilakukan setiap dua ataupun 1 bulan sekali karena bisa menambah semangat untuk bekerja.

Disisi lain, Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kelayakan bus ini dalam rangka untuk kesiapan menjelang libur perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Pemeriksan tes kesehatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota DKK Solo serta dari Kepolisian Resort Surakarta.

“Diharapkan armada maupun operatornya, penumpang, serta petugas di terminal harus sehat semuanya,” pungkas Joko Sutriyanto. (Dhiki Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *