Bawaslu Jawa Tengah Sesalkan Soal Pengusiran Ketua Bawaslu

detikcyber.com, SUKOHARJO – Anggota Bawaslu Jateng Divisi SDM, Sri Sumanta mengatakan, pengusiran Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo oleh saksi paslon nomor urut 2 itu seharusnya tidak perlu terjadi, saat monitoring rekapitulasi perhitungan suara tingkat PPK di Kecamatan Baki.

Dikarenakan Bawaslu di tingkat Kabupaten menjadi tanggung jawabnya, sehingga tidak salah kalau Bawaslu kabupaten melakukan monitoring perhitungan suara tingkat PPK di kecamatan Baki, Sukoharjo.

“Pada prinsipnya ketika Bawaslu kabupaten turut hadir dan monitoring penghitungan suara di tingkat PPK kecamatan Baki, Sukoharjo,” ungkap Sri saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Senin (14/12/2020).

Menurut Sri, Ketua Bawaslu kabupaten, Bambang sesuai dengan kewenangan serta porsinya yang sedang melaksanakan tugas dan kewajibannya.

“Monitoring/supervisi Panwascam menjadi tugas, kewenangan sekaligus kewajiban dari Bawaslu kabupaten untuk melaksanakan amanat Undang – Undang (UU). Ketika Bawaslu tidak hadir melakukan pengawasan maka salah besar tidak melakukan tugas, kewenangan maupun kewajibannya yang tertuang dalam amanat Undang-undang,” tegas Sri Sumanta.

Sumanta sangat menyayangkan kejadian pengusiran Ketua Bawaslu oleh saksi paslon bupati-wakil bupati nomor urut 2 dan tidak juga menyalahkan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) sebagi penyelenggaraan raoat pleno terbuka.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan bersama saling menghormati tugas dan wewenang masing lembaga penyelenggara Pemilu. “Termasuk peserta Pemilu, utamanya saksi dari paslon bupati-wakil bupati harus memahami posi tugasnya masing-masing,” ujarnya.

Rapat pleno rekapitulasi yang bersifat terbuka untuk umum serta tidak tertutup sehingga siapa pun boleh berada di sana menyaksikan. “Bahkan amanat UU, rekapitulasi ini harus di tempat yang dapat disaksikan oleh masyarakat dengan jelas,” tegas Sri Sumanta.

Sementara itu, mantan Ketua KPU Kota Solo periode 2014-2018, Agus Sulistyo menambahkan, rapat pleno dilaksanakan oleh PPK, serta yang menjadi peserta adalah paslon yang diwakili oleh saksi, dan diawasi oleh pengawas pemilihan atau Panwascam. (Dhiki Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *