Dua Hari Kasus Covid Solo Bertambah

detikcyber.com, SOLO – Penambahan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solo selama dua hari pada Kamis-Jumat (5-6/11/2020).

Dalam dua hari itu, jumlah kasus bertambah 55 orang, dengan perincian 14 dari pasien suspek yang naik kelas, tujuh orang dari uji swab mandiri, dan 34 dari penelusuran atau tracing kontak.

Dari jumlah itu masing-masing, lima orang masih usia anak-anak. Masing-masing berumur 13 tahun, 7 tahun, 16 tahun, 16 tahun, dan 5 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan 34 hasil tracing kontak itu berasal dari 20 indek kasus.

Mayoritas masih klaster keluarga serumah. Protokol kesehatan biasanya abai saat berada dalam rumah. Tambahan dari pasien suspek yang tinggi ini membuat kami waspada, ungkapnya.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, terus berusaha melakukan pelacakan kontak secara masif untuk menekan angka positivity rate.
“Setiap ada kasus baru, kami melakukan tracing kontak untuk menekan kasus. Wacana rekrutmen sukarelawan juga kami lakukan untuk membantu tugas rekan-rekan Puskesmas yang selama ini menjalani tugas surveilans. Tingginya kasus membuat mereka kelelahan, paling tidak kami ingin akhir tahun bisa ditekan,” ucap Ahyani.

Berdasarkan kumulatif kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solo menyentuh 1.323 orang. Perinciannya, 878 sembuh/pulang, 313 isolasi mandiri, 78 rawat inap, dan 54 meninggal dunia.

Kumulatif jumlah kasus kematian pasien positif Covid-19 menyentuh 54 orang dari total kasus 1.323 orang. Dengan demikian, persentase tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) Solo menjadi 4,08%.

Tiga kelurahan masih bertahan dengan nol kasus konfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah setiap harinya. Tiga kelurahan itu meliputi Kampung Baru, Punggawan, dan Ketelan.

Sebanyak 51 kelurahan lain sudah mencatatkan kasus konfirmasi positif, dengan catatan terbanyak yakni Kelurahan Jebres dengan 164 kasus. Kemudian Mojosongo sebanyak 141 kasus dan Kadipiro dengan 74 kasus. (Dhiki Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *