SUTANTO , STP DIKUKUHKAN BUPATI PEKALONGAN SEBAGAI KETUA UMUM ASOSIASI BUMDES KABUPATEN PEKALONGAN PERIODE 2020 – 2025
SUTANTO , STP DIKUKUHKAN BUPATI PEKALONGAN SEBAGAI KETUA UMUM ASOSIASI BUMDES KABUPATEN PEKALONGAN PERIODE 2020 – 2025

detikcyber.com, Kajen – Bertempat di Pendopo Rumdin Bupati Pekalongan Ketua Umum Asosiasi BUMDES beserta jajaran pengurusnya dikukuhkan Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. ( 8 / 8 ) baru – baru ini.

Acara tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti, Wakapolres Pekalongan Kompol Andis, Pabung Kodim 0710 Pekalongan, Kadinas Kelautan dan Perikana Drs. Sirhan, Kepala PMF P3A dan PPKB M. Afib ,S.Sos , Camat Kesesi Asus Suryo Pratondo, S.STP, Camat Kajen Agus Purwanto, S.STP, Ketua Bahurekso Kabupaten Pekalongan Daryanto dan para Kepala Desa.

Menjawab tantangan perekonomian yang saat ini masih lesu karena pandemi Covid-19, Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) menjadi jawaban untuk peningkatan ekonomi di Kabupaten Pekalongan dengan basis usaha pedesaan.

Hal tersebut diungkapkan bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si saat memberikan sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus Asosiasi BUMDES.
Menurut Bupati desa memiliki empat potensi yang menjadi sumber kekuatan. Yang pertama adalah sumber daya manusia yang betumbuh dengan baik di pedesaan.

“Yang kedua adalah sumber daya alam yang tidak terelakan. ungkap bupati. Menurutnya desa-desa di Kabupeten Pekalongan memiliki potensi sumber daya alam yang apabila bisa didaya gunakan dengan baik, itu akan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat. Bupati menginginkan Bumdes dapat memiliki program yang dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia guna mengolah sumber daya alam yang dimiliki desa.

Kekuatan yang selanjutnya adalah finance atau keuangan, dimana telah diketahui bersama bahwa pemerintah pusat telah menganggarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit bagi masing-masing desa di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Pekalongan untuk dijadikan pemantik peningkatan ekonomi desa.

Bupati menegaskan keempat kekuatan desa tersebut menjadi modal besar Bumdes untuk bisa mengembangkan program-programnya untuk menjawab tantangan jaman.

‘’Empat sumber daya inilah yang menjadi sumber kekuatan panjenengan untuk bergerak lebih dinamis, lebih maju dan saya kira lebih progresif untuk menjawab tantangan jaman,’’ lanjutnya.

Selain itu Bupati juga berharap dengan telah dikukuhkannya pengurus asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan bisa membantu Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan nilai perekonomian di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama ketua asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan Sutanto mengatakan bahwa Bumdes merupakan wadah yang dikelola oleh desa dan atau kerjasama antar desa untuk mengelola dan mengembangkan kegiatan dibidang ekonomi sekaligus mengembangkan orientasi pada pelayanan umum dan pembangunan sosial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Karena menurutnya,bumdes memang dibentuk untuk menjadi sumber pengembangan potensi masing-masing desa di Kabupaten Pekalongan dengan kearifan lokal yang dimilki supaya bisa mensejahterakan masyarakat.

‘’Bumdes dibentuk, dikelola dan dikembangkan bersama dengan pemerintah dan masyarakat desa, serta disesuaikan dengan karakteristik potensi sumber daya dan budaya lokal yang dimiliki oleh masing-masing desa untuk memfasilitasi, memperkuat dan menjaga keberlangsungan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh warga desa,’’ jelas Sutanto. (LELES – 25 )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Speed up and optimize your PC with CCleaner

CCleaner is the number one tool for cleaning your PC.
It protects your privacy and makes your computer faster and more secure.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure