Terjerat Kasus Normalisasi Sungai, Kadisperindag Kabupaten Mojokerto Dijebloskan Penjara

detikcyber.com, Mojokerto – Didik Pancaning Argo Kadisperindag Kabupaten Mojokerto dijebloskan ke penjara setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus normalisasi dua sungai yang mengakibatkan kerugian negara Rp 1,03 miliar.

Polda Jatim menetapkan Didik sebagai tersangka kasus normalisasi Sungai Landaian dan Sungai Jurang Cetot di Kecamatan Jatirejo dan Gondang, Kabupaten Mojokerto pada Desember 2019. Sementara normalisasi dua sungai tersebut berlangsung 2016-2017. Saat itu, Didik menjabat Kepala Dinas PU Pengairan Kabupaten Mojokerto.

Dalam kegiatan normalisasi dua sungai tersebut ada pengambilan bebatuan dari sungai. Atas perintah tersangka, batu-batu tersebut dibawa ke suatu perusahaan di Mojokerto. Padahal, normalisasi tersebut menjadi kewenangan Kementerian PUPR,” terangnya.

Informasi yang dihimpun, saat itu Didik memerintahkan Faizal Arif dan Suripto untuk mengeruk bebatuan dari Sungai Landaian dan Sungai Jurang Cetot. Oleh kedua orang yang berstatus saksi itu, bebatuan dikirim ke CV Musika, perusahaan pemecah batu milik keluarga Eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa.

Mustofa juga menjadi saksi dalam kasus ini. Hasil penjualan bebatuan tersebut, Faizal menerima pembayaran Rp 533.153.250 dari CV Musika. Sedangkan Suripto menerima pembayaran Rp 496.982.745.

“Perbuatan tersangka bersama saksi (Mustofa) telah memperkaya diri sendiri, orang lain atau perusahaan. Sehingga hasil audit BPKP mengatakan sekitar Rp 1,03 miliar, ini kerugian negara,” terang Rahmat.

Didik dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Menurut Rahmat, masih ada potensi tersangka baru dalam kasus ini,” tegasnya

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto Rahmat Hidayat mengatakan, pihaknya menerima pelimpahan tersangka, barang bukti dan berkas perkara (tahap dua) normalisasi dua sungai dari penyidik Polda Jatim. Tersangka dalam kasus tersebut yaitu Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Didik Pancaning Argo, (5/8/20). (Rian)

84 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *