AKSES JALAN RUSAK, WARGA DARUNGAN HADANG TRUK PENAMBANG PASIR ILEGAL

detikcyber.com, BLITAR – Warga Dusun Besole Desa Darungan menolak beroperasinya tambang pasir yang diduga ilegal. Pasalnya akses jalan di Desa Darungan yang dilalui truk dari penambang pasir berlokasi di desa Kembangarum Kecamatan Lodoyo menyebabkan jalan rusak.

Sekitar puluhan warga Besole yang turun kejalan sempat bentrok dengan pihak penambang tadi siang pukul 14.00 Wib. Disinyalir sudah beroperasi penambangan pasir diduga ilegal di Desa Kembangarum (02/08/2020).

Keberatan warga dusun Besole ini dinyatakan dengan turun kejalan sorenya pukul 16.00 menghadang truk pengangkut pasir dari lokasi tambang tersebut.

Tuti (60 thn) warga desa Darungan yang turun kejalan sempat melerai warga yang bentrok dengan pihak penambang, bentrokan terjadi karena pihak penambang merasa usahanya sebagai mata pencahariannya terganggu, sedangkan warga masyarakat terganggu dengan lalu lalang truk bermuatan pasir yang mengakibatkan jalan rusak dan jembatan yang ada terancam ambruk dikarenakan muatan truk yang melebihi tonase.

” lek bagi aku,aku gak trimo lek jalan iki rusak, saiki ki amrih apik e dalan ne apik, karena ada tambang, umpama gak ada tambang, kan. Jembatane mau roboh, makanya dieman masyarakat sini kan jembatan” ujar Tuti.

Bentrokan sempat mengundang perhatian masyarakat karena hampir saja terjadi bentrok fisik dan tantangan adu fisik dari pihak penambang dengan warga setempat.

Kapolsek Lotim AKP.Tamim Anwar,SH saat dikonfirmasi melalui handphone nya menyampaikan terkait penambang pasir di wilayahnya sudah melakukan pengamanan beberapa alat alat yang digunakan menambang pasir. ” ya sudah mengamankan mulai pipa pipa ” tegas Tamim. (VDZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *