Terkait Kasus Nurhadi KPK Panggil Karyawan Money Changer

detikcyber.com, Jakarta – Terkait kasus dugaan suap-gratifikasi mantan Sekretaris MA, Nurhadi Rp 46 miliar, penyidik KPK memanggil Deni Setyanto karyawan adminitrasi dan umum Bali Inter Money Chager untuk diperiksa sebagai saksi tersangka Nurhadi,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri, Kamis (2/7/2020).

Saksi lain yang dipanggil dua karyawan swasta atas nama Agnes Jennifer dan Adiwono Dewantoro.

Sebelumnya, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) pernah memberikan infrormasi soal ada orang suruhan Nurhadi menukar uang di money changer di Jakarta. Dalam sepekan, Nurhadi menukar uang hingga Rp 3 miliar.

Ada dua tempat money changer di Jakarta yang biasa digunakan oleh Nurhadi untuk menukarkan uang dolar miliknya. Yaitu di daerah Cikini dan Mampang.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Nurhadi bersama menantunya, Rezky Herbiyono (RHE), dan Direktur PT MIT Hiendra Soenjoto sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi senilai Rp 46 miliar terkait pengurusan sejumlah perkara di MA. Penerimaan tersebut terkait perkara perdata PT MIT melawan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) (Persero) pada 2010.

Ada dua tempat money changer di Jakarta yang biasa digunakan oleh Nurhadi untuk menukarkan uang dolar miliknya. Yaitu di daerah Cikini dan Mampang.

Selanjutnya, KPK menangkap Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono (RHE), di sebuah rumah di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, Senin (1/6).

Nurhadi dan Rezky ditangkap KPK setelah menjadi buron selama hampir 4 bulan. Kedua tersangka itu kini ditahan di Rutan KPK. Namun, hingga kini Hiendra belum juga tertangkap. (dido)

102 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *