GALAKAN MASKERISASI, PEDAGANG DAN PEMBELI PASAR WAJIB PAKAI MASKER

detikcyber.com, Kajen – Sambut new normal Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, S.H, M.Si galakan pendisiplinan dan sosialisasi penerapan protokol kesahatan covid-19 di Pasar Kajen, Rabu (10/6/2020) pagi.

Dengan didampingi Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH, Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko.,S.IK, M.Si, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, S.IP.,MMS, Kajari Kabupaten Pekalongan Mardani, SH., dan Sekda Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, Bupati Asip blusukan ke dalam pasar bagikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar secara gratis.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengungkapkan, mulai Senin (15/6/2020) baik pembeli ataupun pedagang di pasar yang ada di Kabupaten tidak menggunakan masker, tidak boleh masuk ke pasar.

“Kita ini menyiapkan pra kondisi new normal di Kabupaten Pekalongan khususnya di Pasar Kajen. Karena, Kabupaten Pekalongan salah satu dari 136 daerah di Indonesia yang kategori resiko rendah. Karena, masuk kategori tersebut harus mempersiapkan era new normal lagi. Upaya yang dilakukan yaitu sosialisasi mengenai new normal,” kata Bupati Asip.

Asip mengungkapkan, sebelumnya Pemkab sudah melakukan rapid tes di Pasar Kajen sebanyak 115 orang dengan hasil 2 orang rapid reaktif. Setelah dilakukan tes swab, dua orang ini hasilnya negatif.

“Artinya, Pasar Kajen ini aman untuk sementara. Karena sudah aman tugas kita yaitu menjaga agar pasar yang sudah aman ini jangan sampai tidak menjadi kluster baru, kalau tidak hati-hati,” ungkapnya.

Asip menjelaskan, mulai hari ini siapapun yang masuk ke Pasar Induk Kajen harus wajib menggunakan masker. Kalau tidak menggunakan masker, tidak diperbolehkan masuk pasar baik itu pedagang ataupun pembeli.

“Hari ini hingga Minggu (14/6/2020) kita uji coba disiplinkan dan sosialisasikan program ini di semua pasar yang ada di Kabupaten Pekalongan. Tapi, mulai Senin (15/6/2020) yang akan datang semua yang akan masuk wajib gunakan masker,” jelasnya.

Kemudian, saat disinggung mengenai pantauan physical distancing di Pasar Kajen Asip menuturkan, secara umum sudah ada walaupun masauh ada sedikit yang berdesakan. Tapi untuk, penggunaan masker sudah lumayan bagus baik pedagang ataupun pembeli.

“Karena pasarnya tidak begitu luas, akan kita atur. Kami, juga sudah sosialisasi terus mengenai jaga jarak. Ini merupakan upaya preventif dari Pemkab Pekalongan dalam mencegah penyebaran virus corona, agar Kabupaten Pekalongan segara masuk ke zona hijau,” tuturnya. ( LELES – 25 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *