Buron 46 M, Nurhadi dan Menantunya Ditangkap

detikcyber.com, Jakarta – Sempat menjadi Buron hampir empat bulan, akhirnya KPK berhasil menangkap eks Sekretaris MA Nurhadi terkait kasus dugaan suap-gratifikasi senilai Rp 46 miliar. KPK menetapkan Nurhadi buron pada Kamis (13/2/2020). KPK mengungkapkan Nurhadi mangkir dari pemanggilan sebanyak dua kali.

DPO kepada para tiga tersangka ini, yaitu Nurhadi kemudian Riezky Herbiyono dan Hiendra Soenjoto,” demikian dikatakan oleh Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Riezky Herbiyono ditangkap bersama Nurhadi pada Senin (1/6/2020) malam. KPK memburu Nurhadi hingga ke Jawa Timur. KPK menyambangi kediaman mertua Nurhadi di Tulungagung. Nurhadi akhirnya ditangkap KPK pada Senin (1/6/2020) malam, bersama menantunya. Nurhadi ditangkap di wilayah Jakarta Selatan.

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan Nurhadi sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi. Total uang yang diduga diterima Nurhadi sekitar Rp 46 miliar.

Nurhadi diduga menerima suap berkaitan dengan pengurusan perkara perdata di MA. Selain Nurhadi, KPK menjerat 2 tersangka lain, yaitu menantu Nurhadi, Rezky Herbiyono dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT) Hiendra Soenjoto.

Selain urusan suap, Nurhadi dan Rezky disangkakan KPK menerima gratifikasi berkaitan dengan penanganan perkara sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK (peninjauan kembali) di MA. Penerimaan gratifikasi itu tidak dilaporkan KPK dalam jangka 30 hari kerja. (dido)

156 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *