Kapolri Keluarkan Maklumat  Terkait Merebaknya Wabah Corona

detikcyber.com, JAKARTA– Merebaknya virus Corona menjadi perhatian khusus. Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan maklumat soal virus Corona (Covid-19). Dalam maklumat tersebut Kapolri minta agar seluruh masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan dalam bentuk keramaian di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, maklumat dikeluarkan untuk menahan laju penyebaran virus korona agar tidak berkembang menjadi ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Maklumat ini juga bentuk kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus korona,” ujar Argo di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Masyarakat yang memiliki keperluan mendesak dan tidak dapat dihindari melibatkan banyak orang atau massa diminta agar dilaksanakan sesuai protokol pemerintah.

“Seperti seminar, lokakarya, konser musik, festival, bazar, pasar malam, pameran, unjuk rasa, kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, pawai, karnaval hingga resepsi keluarga,” ucapnya.

Namun masyarakat juga diimbau tetap tenang dan jangan panik menyikapi wabah virus korona. Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan mengikuti informasi serta imbauan resmi pemerintah.

“Masyarakat diminta agar tidak melakukan pembelian atau menimbun bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainya secara berlebihan,” Tandasya.

Menurutnya, maklumat Kapolri juga meminta kepada masyarakat tidak menyebarkan informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya. “Apabila tidak jelas sumbernya, dapat menghubungi kepolisian setempat,” ucapnya. (dido)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *