MENGGALI POTENSI AIR SUNGAI UNTUK MEMENUHI HAJAT HIDUP ORANG BANYAK

detikcyber.com, KajenAir merupakan salah satu kebutuhan sangat  yang vital bagi makhluk hidup manusia, hewan maupun tumbuhan. Sungai yang bersih bebas dari limbah merupakan syarat mutlak untuk dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari dan digunakan untuk mengairi sawah dan lain sebagainya, sehingga air yang bersih juga merupakan ekosistem yang baik bagi hewan.

Terkait dengan hal itu Jumat (13/12/ 2019 ) rombongan  Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan  yang dikomandani Wakil Ketua Komisi B Candra Saputra,  Saeful Bahri, Abdul Aqdhim, H. Edi Haryanto,  Supriyati, Musa Adam, Dewi Aida, dan Rossi Ardiyanti, Dirut PDAM Nur Wahid bersama Tim Teknis, DPU TARU yang diwakili Kepala Bidang PSDA Edhi Setiawan, SP., M.Si., Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dan Kepala Desa terpilih Suhadi mengunjungi Ciblon Sigesing untuk melihat langsung potensi airnya untuk diolah menjadi air minum unbtuk memenuhi kebutuhan air khususnya warga Kesesi dan sekitanya dan kebutuhan air minum masuarakat Kabupaten Pekalongan pada umumnya.

Wakil Ketua Komisi B Candra Saputra pada kesempatan itu kepada Wartawan mengatakan debit air Ciblon Sigesing cukup bagus dan kebutuhan air untuk pertanian masih tercukupi sehingga nanti apabila sudah terbangun SPAM dan IPAL disini harapannya warga Kesesi dan Sragi serta sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan dari PDAM, karena wse4lama ini banyak warga Kesessi yang belum memiliki kran PDAM

“ Saya berharap agar pada tahun 2020  proyek PDAM ini bisa terealisasi, sehingga kebutuhan akan air bersih bagi warga kesesi dan sekitarnya dapat terpenuhi, karena air ini merupakan kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup “, tutur Candra Saputra kepada Wartawan.

Sementara itu Direktur PDAM Nur Wahid menambahkan bahwa pada tahun 2020 ini  PDAM akan merealisasikan 50 LPS  .

Lebih lanjut Nur Wahid menjelaskan bahwa 1 literperdetik air itu bisa mengaliri air ke 80 KK sehingga nanti pada tahun 2020 sebagai tahap pertama 4000 KK akan dapat menik mati air bersih dari PDAM.

“ Kita sudah kirim surat ke Pusat tinggal  menunggu neraca air dari PUSDATARU dan kalau sudah dapat neraca air itulah baru nanti kita mulai perencanaanya dan Insya Alloh pada tahun 2020 ini sudah terealisai”, jelas Nur Wahid.

Nur Wahid juga berharap  kedepan pengolahan air dari Sumber air Ciblon Suigesing ini bisa mengatasi permasalahan kebutuhan air bersih selama ini. ( LELES – 25 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *