Tahun 2020 Jatim Gelar Pilkada Serentak

detikcyber.com, Surabaya – Pada 2020 mendatang KPU Jatim melakukan serangkaian persiapan untuk Pilkada serentak di 19 kabupaten dan Kota di Jatim.

Menurut Ketua KPU Jatim Choirul Anam, untuk persiapan kita sudah melaksanakan mengundang rapat dengan 19 Kabupaten/Kota dan kita sudah menyelesaikan, meminta mereka untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat,” katanya di Surabaya, Selasa (25/6/2019).

Agenda rapat, lanjut Anam, untuk menentukan anggaran yang digunakan untuk proses Pemilu. Pasalnya, kebutuhan anggaran dari Pemda setempat. Dan kita sudah memastikan 19 kabupaten kota ini sudah menyampaikan rincian kebutuhan belanja (RKB) untuk pilkada ke pemerintah daerah,” jelasnya.

Sementara Anam mengatakan pihaknya masih melakukan tahapan awal. Namun kemungkinannya dilakukan tanggal 23 September 2020.

Tahapan ini baru dilakukan uji publik. Kalau soal bulan di akhir tahun kisaran bulan Oktober atau November. Direncanakan tanggal 23 September untuk Hari H-nya,” bebernya.

Anam juiga berpesan kepada masyarakat untuk berperan aktif berpartisipasi menjadi petugas hingga aktif menggunakan hak pilihnya.

Harapannya masyarakat bisa ikut aktif baik sebagai penyelenggara maupun menjadi pemilih yang cerdas. Tidak perlu melakukan gerakan yang tidak produktif. Kita sambut pilkada serentak nanti dengan damai apalagi Jatim selaku mengutamakan guyub rukun,” pungkas Anam. (Bud)

  1. Kota Surabaya
  2. Kota Pasuruan
  3. Kota Blitar
  4. Kabupaten Blitar
  5. Banyuwangi
  6.  Gresik
  7.  Jember
  8. Kabupaten Kediri
  9.  Lamongan
  10.  Malang
  11. Kabupaten Mojokerto
  12. Ngawi
  13. Pacitan
  14. Ponorogo
  15. Sidoarjo
  16. Situbondo
  17. Sumenep
  18. Trenggalek
  19. Tuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *