MEMASUKI MASA TENANG APK CALEG MASIH BELUM DI TERTIBKAN

detikcyber.com,  BLITAR – Pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari. Tiga hari sebelum pelaksanaan pencoblosan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberlakukan masa tenang yang dimulaiMinggu (14/4/2019).

Selama masa tenang itu, KPU meminta kepada seluruh partai politik, calon DPRD maupun DPR RI hingga pendukung pasangan capres-cawapres untuk mencopot seluruh alat peraga kampanye (APK).

Seperti halnya kota Blitar hari ini Minggu (14/4) pukul 08.00 Wib memasuki masa tenang hampir seluruh ruas jalan yang terpasang APK caleg belum dibersihkan dan masih terpasang rapi. Ironisnya ditempat strategis perempatan jalan Kawi, jalan Cepaka kota Blitar dengan baliho di space iklan pun masih terpampang APK Caleg dan Capres.

Saat dikonfirmasi melalui WA Bambang selaku Ketua Bawaslu menjelaskan bahwa akan dilakukan penertiban sekitar pukul 12.00 Wib (14/4) nanti, termasuk baliho di space iklan dengan menggunakan skylift dari Pol PP.
Himbauan KPU Caleg dan parpol agar membersihkan APK nya masing masing selama memasuki masa tenang, akan tetapi bila tidak dicopot maka kewenangan Panwaslu beserta Sat Pol PP akan melakukan pembersihan APK karena penertiban itu sudah diatur dalam aturan pelaksanaan pemilu. Sehingga, tak diperbolehkan ada satu pun APK yang terpasang.

Tidak hanya itu saja, parpol, caleg dan pendukung calon juga tidak diperbolehkan melakukan kampanye dalam bentuk apapun selama masa tenang. (VDZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *