Bendung Tirtonadi Solo Ditebari Ribuan Benih Ikan Nila Oleh Walikota

detikcyber.com, SOLO – Kendati Pemkot Surakarta masih menunggu penyerahan aset Bendung Tirtonadi dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, namun  sebanyak 810 ribu bibit ikan nila telah ditebar di Bendung Tirtonadi. Pasalnya, penebaran bibit ikan ini dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta membuat bendung karet itu menjadi objek wisata air.

Bibit ikan nila secara simbolis diterima oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dari petugas Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah. Selanjutnya bibit ikan itu disebar di sepanjang Bendung Tirtonadi.

Walikota Surakarta, FX,Hadi Rudyatmo saat menebar benih ikan Nila di Bendung Tirtonadi menggunakan perahu karet.

Saat menebar ikan, Wali Kota Rudy memakai  jaket pelampung dan menaiki perahu karet didampingi petugas BPBD Surakarta. Rudy mengatakan bahwa ikan-ikan tersebut diharapkan dapat tumbuh besar dan ikan tersebut boleh dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar maupun para wisatawan untuk dipancing, gratis. Tapi tidak diperbolehkan dengan jala,” tutur Rudy, Kamis (21/3/2019).

Selain itu Rudy juga mewanti-wanti agar kebersihan Bendung Karet terus selalu terjaga. Mengacu Perda nomor 3 tahun 2010 ancamannya denda maksimal Rp 50 juta dan kurungan selama tiga bulan,” tandasnya.

Perlu diketahui Pemkot Surakarta masih menunggu penyerahan aset Bendung Tirtonadi dari BBWS Bengawan Solo. Setelah diserahkan, Bendung Tirtonadi segera diremikan Pemkot .(Suki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *