MINI JOB MARKET FAIR DISERBU RATUSAN PENCARI KERJA

detikcyber.com, BLITAR-Berbondong bondong pencari kerja datang, dalam acara yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja kabupaten blitar , Ratusan lowongan pekerjaan ditawarkan oleh perusahaan mulai dari sektor usaha pertanian, pertambangan, perindustrian, perdagangan, bangunan, perhubungan, keuangan dan sektor jasa lainnya, (Jum’at 15/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM, Komisi IV DPRD Kab. Blitar, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Jatim, KepalaBadan, Dinas dan Bagian Pemkab Blitar, Pimpinan Perusahaan, Kepala BKK (Bursa Kerja Khusus) Kab. Blitar juga turut hadir , dan peserta bursa kerja.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Haris Susianto, SH. M Si mengatakan job fair ini dalam rangka untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja atau perusahaan, sehingga pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya dan pemberi kerja dapat memperoleh tenaga kerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Diharapkan dengan kegiatan ini, jumlah lowongan kerja yang tersedia nantinya bisa terserap oleh pencari kerja yang ada di Kabupaten Blitar, himbau haris

pada tahun ini Dinas Tenaga Kerja akan menggelar mini job market fair sebanyak 3 kali, dan nanti pada bulan September mendatang akan digelar Job Fair regional yang akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan baik dari dalam daerah maupun luar daerah yang sifatnya nasional .pungkas haris

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ec. Akhmad Husain, M.Si. menyampaikan bahwa saat ini masih banyak kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar dalam rangka pengentasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran terutama masalah ketenagakerjaan.

Menurut data BPS, Sakernas tahun 2018 (Sensus Angkatan Kerja Nasional), jumlah angkatan kerja 638.460 orang, pengangguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3,37% (Jawa Timur 4,10%, Nasional 5,34%). Sedangkan tiap tahun lulusan dari sekolah tingkat SLTA maupun perguruan tinggi cukup banyak tingkat kelulusannya, walaupun angka pengangguran masih cukup banyak, namun dari tahun ketahun mengalami penurunan.

Disampaikan pula, bahwa kegiatan ini berkaitan dengan solusi atas permasalahan ketanagakerjaan khususnya Penempatan Tenaga Kerja, sehingga memiliki nilai penting dan strategis karena job fair ini merupakan sarana untuk menjembatani Antara para pencari kerja dengan pengguna kerja.

Artinya memberikan pelayanan kepada pencari kerja untuk memperoleh informasi pekerjaan sesuai dengan bakat, minat keahlian dan keterampilannya. Disamping itu juga dalam rangka membantu pemerintah daerah menanggulangi pengangguran melalui perluasan kerja.( sf )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *