Waspada Merapi : Tiga Daerah Siapkan Tempat Evakuasi

detikcyber.com, MAGELANG – Seiring dengan Merapi berstatus Waspada (Level II), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, meminta masyarakat berada di Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, agar selalu memantau perkembangan Merapi melalui data BPPTKG. Hal ini dilakukan.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Rehabilitasi BPBD Provinsi Jawa Tengah, I Ketut Artana, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan diri. Hal ini penting dilakukan, jika ada peningkatan status dari Waspada menjadi Siaga, katanya kepada wartawan usai acara Rakor Penanganan Rehabilitasi Pasca Bencana di Jawa Tengah Tahun 2019 di Hotel Atria Magelang, Kamis (21/2/2019).

Lebih lanjut masyarakat diminta harus meningkatkan kewaspadaan diri, mereka harus selalu memantau perkembangan, melalui data melalui BPPTKG. Setelah itu, ambil langkah-langkah, kalau memang ada peningkatan misalnya dari waspada ke siaga, sudah mulai mengambil langkah-langkah, masyarakat harus tahu, siap-siap, kemas-kemas dan sebagainya,” pesannya.

Disamping itu, mulai saat ini masing-masing daerah telah mempersiapkan jalur-jalur evakuasi maupun tempat-tempat pengungsian. Baik itu, tempat evakuasi sementara maupun tempat evakuasi akhir harus benar-benar disiapkan,” katanya.

Hal sama, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, untuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) III di 19 desa dan tiga kecamatan. Untuk warga yang saat ini tinggal di KRB III sebanyak 53.572 jiwa, mereka berada di Kecamatan Srumbung, Dukun dan Sawangan.”KRB III di 19 desa, tiga kecamatan. Hasil update data kami terakhir 53.572 jiwa,” kata Edy.

Menurutnya, BPBD Kabupaten Magelang bersama dengan SKPD terkait telah melakukan rakor seiring dengan status Merapi tersebut. Untuk itu, Pemkab Magelang telah melakukan pemetaan secara mendetail, termasuk pula memperhitungkan kebutuhan logistik. (Antok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *