BPKD SELENGGARAKAN BINTEK PENATAUSAHAAN KEUANGAN DAERAH

detikcyber.com, KAJEN – Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam melaksanakan penatausahaan keuangan melalui aplikasi SIMKEU OPD yang berbasis online BPKD Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Bintek Penatausahaan Keuangan Daerah baru-baru ini ( Senin, 27/1 )  di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan.

Sekretaris Daerah Kab. Pekalongan : Dra. Hj. Mukaromah Syakoer,MM. (foto Leles )

Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Dra. Mukaromah Syakoer, MM menyampaikan bahwa kebutuhan informasi yang cepat, relevan dan terpercaya menjadi hal yang utama bagi para pengguna informasi dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu  peningkatan kualitas sistem informasi akuntasi menjadi suatu kebutuhan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas di bidang pengelolaan keuangan daerah.

Kepala BPKD Kab Pekalongan : H. Wiryo Santoso, SIP., MH. ( foto : Leles )

Lebih lanjut Mukaromah Syakoer mengharapkan setiap pejabat pengelola keuangan masing-masing OPD agar dapat menciptakan pengendalian internal yang semakin efektif dan efisien, guna menjamin pencapaian tujuan organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola, ketaatan pada ketentuan yang berlaku dan dieliharanya data / infotrmasi yang andal.

“ Saya berharap dengan mengikuti bintek ini agar para pengelola keuangan daerah mampu menerapkan dengan baik informasi teknologi ini agar terhindar dari kesalahan prosedur bahkan kerugian daerah dengan informasi keuangan daerah yang relevan, obyektif dan akuntabel“, tutur Mukaromah Syakoer.

Laporan keuangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tambah Mukaromah Syakoer merupakan bagian yang sangat mempengaruhi pemberian opini BPK RI atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ), sehingga dengan ketaatan OPD terhadap pengelolaan keuanagan sesuai ketentuan, diharapkanmampu meningkatkan nilai audit hasil pemeriksaan yang lebih baik.

Inspektur Inspektorat : Drs. H. Umaidi, M.Si. ( foto : Leles )

Sementara itu Kepala BPKD H. Wiryo Santoso, SIP., MH. dalam laporannya menyampaikan tujuan selanjutnya dselenggarakan acara bintek ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang ketentuan peraturan, tugas dan tanggung jawab terhadap penatausahaan keuangan serta meningkatkan pengetahuan serta menyamakan persepsi dalam hal pelaksanaan penataausahaan pengelolaan keuangan.

Lebih lanjut Wiryo Santoso dalam laporannya menjelaskan bahwa acara bintek ini diselenggarakan selama 2 ( dua ) hari tanggal 29-29 Januari 2019 dengan jumlah peserta 150 orang yang terdiri dari Kepala OPD 45 orang, Pejabat penatausahaan keuangan OPD 45 orang,  bendahara pengeluaran OPD 47 orang, bendahara penerimaan OPD 12 orang dan bendahara pengeluaran PPKD 1 orang.

Dalam laporannya tersebut Kepala BPKD juga menambahkan materi Bintek Penatausahaan Keuangan Daerah 2018 meliputi penguatan sistem informasi akuntans dalam meningkatkan akuntabilitas publik,  penatausahaan berbasis online dalam meningkatkan kualitas Sistem Informasi Akuntansi, tata cara penatausahaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan, penatausahaan berbasis online dengan menggunakan aplikasi SIM KEU OPD serta pembicara dari Inspektorat Kabupaten Pekalongan dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pekalongan.

“ Saya mengharapkan agar para peserta mengikiuti acara bintek ini dengan sungguh serta menyerap semua materi yang diberikan oleh penyaji sehingga penerapan laporan keuangan dengan sistem online ini dapat berjalan dengan baik dan benar “, harap Wiryo Santoso.

Pada kesempatan itu Inspektur Inspektorat Drs. H. Umaidi, M.Si. dalam menyampaikan materi Bintek ini menegaskan bahwa yang perlu disiapkan dalam rangka pemeriksaan BPK adalah Laporan Keuangan OPD, Laporan Keuangan Pemda, SPJ kegiatan termasuk setoran pajak, kontrak dan kelengkapannya, inventaris / aset OPD ditertibkan, tindak lanjut BPK dan yang paling penting hindari temuan yang berulang-ulang atau sama.

“ Saya mengharapkan agar teman-teman OPD dalam mengirimkan Laporan keuangan jangan terlalu mepet waktunya sehingga Inspektorat dapat review laporan keuangan tersebut dengan baik “, tutur Umaidi. ( LELES – 25 )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Exiting Little Pharma | VHS MIDNIGHT STYLE | Cyber Dream Records where can u buy steroids can you really buy anabolic steroids online, buy dianabol blue hearts uk - heroes past and present HSA warns about 2 'health' products that contain steroids, dangerous steroids usa online 'pharma bro' martin shkreli denied release from prison to work on coronavirus cure