Geger Antar Tahanan di Rutan Solo

detikcyber.com SOLO – Geger perkelahian sesama warga binaan di Rutan Kelas I Surakarta kembali terjadi. Kali ini terjadi di blok B, Sabtu (29/12/2018). Disebabkan kesalahpahaman hingga sempat terjadi adu fisik.

Kepala Rutan Kelas I Surakarta, Muhamad Ulin Nuha saat dikonfirmasi, mengatakan insiden terjadi pada pukul 07.00 WIB saat pembukaan blok. Namun Kalapas enggan menceritakan secara detail kesalahpahaman apa yang dimaksud. Kalau kontak fisik paling hanya senggolan, belum terjadi saling memukul,” ucap Ulin.

Buntut dari keributan itu, sekelompok massa dari luar kemudian mendatangi rutan. Kedatangannya ingin mengonfirmasi soal keributan yang terjadi pada rekan mereka yang berada di dalam tahanan.

Tak ingin terjadi sesuatu, kepolisian dari Sabhara dan Brimob pun langsung mengamankan rutan, termasuk menerjunkan kendaraan taktis. Saat itu juga kedua pihak yang terlibat percekcokan langsung dimediasi untuk membuat surat pernyataan. Akhirnya kedua belah pihak bersepakat saling memaafkan dan tidak akan bertengkar lagi,” tegasnya.

keributan ini merupakan kedua kalinya setelah sebelumnya terjadi pada awal November 2018 lalu. Namun Ulin menegaskan, keributan kali ini dilakukan oleh orang yang berbeda. “Yang jelas itu kejadian spontan. Pelakunya berbeda dengan yang dulu,” katanya.

Kondisi rutan over kapasitas menjadi salah satu pemicu mudahnya terjadi cekcok. Namun Ulin berjanji akan tetap mengoptimalkan pengamanan,” ujarnya.

Ditempat sama, Wakapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, menegaskan kondisi di rutan sudah kondusifi. Pihaknya meminta masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan adanya keributan itu,” ujarnya. (Tik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *