Tim Satgas BPOM Sita Obat dan Kosmetik Ilegal Rp 750 Juta

detikcyber.com, SEMARANG – Tim Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal Provinsi Jawa Tengah Bidang Gakkum berhasil membongkar jaringan peredaran obat dan kosmetik ilegal dengan nilai total Rp 750 juta. Obat dan kosmetik ilegal ini ditemukan dari dua daerah yaitu Kabupaten Jepara dan Surakarta.

Menurut keterangan Kepala BPOM di Semarang, Syafriansyah mengungkapkan, hasil temuan dari BPOM, BNNP, Bea Cukai dan Kepolisian, di Kabupaten Jepara ditemukan sarana produksi dan mengedarkan produk obat tradisional tanpa izin edar sebanyak 27 item dengan nilai ekonomi sekitar Rp 50 juta,” ungkapnya saat gelar perkara dan sosialisasi di Hotel Harris Semarang, Senin (17/12/2018).

Pada tanggal 11 Desember, lanjut Syafriansyah, tim satgas mengungkap penertiban produk kosmetik tanpa izin edar atau ilegal di Surakarta menemukan sebanyak 324 item kosmetik dan 15 item obat keras. Dengan nilai ekonomi mencapai sekitar Rp 700 juta,” terangnya. “ Ini membuktikan masih adanya peredaran obat dan kosmetik illegal, maka perlu adanya sosialisasi dan meningkatkan frekuensi pengawasan,” tegas Syafriansyah. (Fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *