PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN JEMBATAN DI KABUPATEN PEKALONGAN MENGALAMI KEMAJUAN PESAT

detikcyber.com, KAJEN – Pemerintah Kabupaten Pekalongan dibawah pimpinan Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. dan Wakil Bupati Ir. Arini Harimurti yang tiga tahun kepemimpinannya telah banyak melakukan perubahahan-perubahan besar. Perhatiaannya terhadap pembangunan jalan dan jembatan yang merupakan modal dasar memberi kemudahan masyarakat dalam melakukan aktivitas serta dalam rangka mempermudah roda perekonomian bagi masyarakat, “ jalan halus rejeki mulus “.

Kepala Dinas PU TARU Kabupaten Pekalongan : Wahyu Kuncoro, ST., MT. ( foto: Leles )

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPU TARU ) Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro, ST., MT. dijumpai diruang kerjanya kepada wartawan mengatakan bahwa jalan merupakan salah satu akses yang sangat penting apalagi jika dikaitan dengan aktivitas masyarakat yyang berada di wilayah–wilayah pegunungan, untuk itu pemerintah sangat memperhatikan arti pentingnya akses jalan dan jembatan untuk mendukung perputaran roda ekonomi dari desa ke kota ataupun dari kota ke desa ataupun untuk kelancaran pembangunan.

Wahyu Kuncoro lebih lanjut menjelaskan bahwa Kabupaten Pekalongan sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan-pegunungan seperti wilayah Petungkriyono, Kandangserang, Lebakbarang dan Talun, Daerah-daerah tersebut mempunyai hasl bumi yang luar biasa, seperti sayur mayur , gula aren, buah-buahan dan lain sebagainya , untuk itu akses jalan yang baik sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran ekonomi tersebut.
“ Saya berharap dengan dibangunnya akses jalan dan diperbaikinya jalan –jalan Kabupaten yang rusak ini baik pembangunan desa maupun perputaran ekonomi masyarakat dapat berjalan dengan baik, jalan halus rejeki mulus “, harap Wahyu Kuncoro.

Lebih lanjut Wahyu kuncoro menjelaskan bahwa ruas jalan Kabupaten yang telah dibangun pada tahun 2018 ini diantaranya jalan Wiradesa – Wonokerto, jalan Karangjompo –Pecakaran, jalan Kedungjaran-Sragi, jalan Kedungjaran- Ringinpitu, jalan Kalijambe- Bulaksari, jalan Podo – Karanganayar, jalan Podo – Bligo, jalan Tangkil- karangdowo- rengas, jalan raya Kutosari – Karangdadap, jalan Kertoharjo – Karangdadap, jalan raya Petung – Sikucing, jalan raya Bubak – Werdi, Jalan raya Tajur- Kandangserang serta beberapa jembatan seperti jembatan Kaligenteng, jembatan Mrican, jembatan Begal dan jembatan Karangjati.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas DPU TARU Wahyu Kuncoro juga menambahkan bahwa pembangunan jalan dan jembatan ini mendapat perhatian khusus dari Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. dan Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Hrimurti yang didampingi Sekretaris Daerah Dra. Mukaromah Syakoer, MM, Kepala Bapeda Litbang Ir. Bambang Irianto, M.Si. Asisten Pemerintahan Drs. Ali Riza, M.Si dan Camat Wilayah setempat dan Kepala Bidang Bina Marga Arif Gunawan, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Agung CN yang selalu pro aktif memanatau progres pembangunan jalan- jalan dan jembatan tersebut diatas.

“ Kini dengan dibangunnya jalan-jalan Kabupaten yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk masyarakat kecamatan Wonokerto yang kalau musim hujan atau rob jalan-jalannya digenangi air kini sudah bisa beraktivitas dengan nyaman , begitu juga untuk masyarakat wilayah Kandangserang , Garungwiyoro dan sekitarnya ketika mau beraktivitas ke Paninggaran atau membawa hasil bumi ke pasar Paninggaran tidak perlu lagi memutar jalan lewat Kajen akan tetapi sekarang bisa ditempuh lebih dekat lewat jalan Bubak – Werdi yang sudah halus mulus jalannya.

Begitu juga masyarakat petung kalau mau ke Gumelem dulu jalannya sulit untuk dilalui sepeda motor atau mobil dan bila hujan becek dan berlumpurserta licin sekarang setelah dibangun jalannya masyarakat lebih efisien waktu bila beraktivitas dan Saya berharap pada tahun 2019 untuk pembangunan jalan Kabupaten bisa tuntas 100 % “ , ucap Wahyu Kuncoro. ( Adv. LELES – 25 )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *