BUPATI BUKA PELATIHAN BTQ PLUS BAGI GURU PAI SD DAN SMP NEGERI

detikcyber.com, KAJEN – Sebanyak 603 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Negeri dan SMP Negeri se Kabupaten Pekalongan mengikuti pelatihan BTQ Plus (Risalah Awwal)  selama dua hari yakni Rabu-Kamis (21-22 Nopember 2018).

Bupati Pekalongan : H. Asip Kholbihi, SH., M.Si. ( foto : Leles )

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si, Rabu (21/11/2018) di aula lantai III Setda. Dan dihadiri oleh Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ali Riza, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Hj. Sumarwati, M.AP beserta jajaran, serta para narasumber.

Kepala Dindindik Kab. Pekalongan : Hj. Sumarwati, S.Pd., M.Ap ( foto : Leles )

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Seminar Risalah Awal dan Launcing Risalah Awal Ta’limul Mubtadi’in Fi ‘Aqoidudin untuk Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 9 Mei 2018 dan dimantapkan dengan kegiatan Pelatihan kali ini dengan narasumber yang kompeten sehingga mengasilkan output pelatihan yang optimal.

Hadiri pembukaan pelatihan BTQ : tampak dari kiri ke kanan , Kepala Dindikbu Hj. Sumarwati, S.Pd., M.AP>, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si., Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti dan Asisten Pemerintah Drs. Ali Riza, M.Si. dan ratusan Guru PAI SD dan SMP Negeri. ( foto : Leles )

“Kami berharap semua peserta 2 (dua) hari ke depan mampu mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya dan bisa diimplementasikan di satuan pendidikan dengan baik pula,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa pelatihan Pendidikan Muatan Lokal BTQ Plus/Risalah Awwal disini membekali para guru Pendidikan Agama Islam se Kabupaten Pekalongan mengenal, mengetahui dan memahami isi dari Buku Risalah Awal yang didalamnya mengenai ketauhidan (meng-esakan Allah SWT).

“Dengan pelatihan ini para guru agama Islam nantinya akan mampu menyampaikan kepada peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran melalui pembiasaan sehingga diharapkan peserta didik SD, SMP se Kabupaten Pekalongan bisa memiliki akidah dan akhlaqul karimah dan bisa menjadikan pedoman bagi langkah peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan zaman yang semakin miskin dan kering dari nilai-nilai kebaikan,” tutur Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hj. Sumarwati, S.Pd.,M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan BTQ sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yang bertujuan agar peserta didik di Kabupaten Pekalongan selain cerdas, juga mempunyai akhlak mulia dan dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kuat pada mereka sejak dini.

“Pelatihan BTQ Plus/Risalah Awwal ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 yang sarat dengan muatan karakter nasionalisme dan akhlak mulia,” tutur Sumarwati.

Kepala Dindikbud berharap, dengan pelatihan ini para Guru Agama Islam akan terlatih berkaitan dengan materi BTQ Plus/Risalah Awwal dan mampu mengimplementasikannya di satuan pendidikan masing-masing.( LELES )   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *