DLH Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Bersih Sampah

detikcyber.com, BLITAR – Dalam rangka Gerakan Indonesia bersih sampah, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada kamis (15/11/18) bertempat di ruang candi Penataran pemkab Blitar menggelar Sosialisasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto

Hal ini merupakan salah satu gerakan secara nasional yang jadi agenda prioritas Pemerintah Pusat, bertujuan untuk kesehatan di lingkungan kita agar terbebas dan bersih dari sampah.

Sosialisasi tersebut mengacu pada surat edaran bupati nomor 050/650/409/.113.1/2018 tentang gerakan indonesia bersih dan menciptakan lingkungan nyaman dan bebas dari sampah. Sosialisasi di hadiri oleh seluruh Camat dan Kepala Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Blitar.

Acara ini kedepan nya supaya bisa di sosialisasikan lagi kepada masyarakat guna mendorong kepedulian terhadap kesehatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangngan. Tepatnya lebih berprilaku hidup bersih dan sehat .

Dijelaskan oleh Krisna Triatmanto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan sekaligus sebagsi penggiat, nampaknya sudah berupaya dan berperan penuh memberikan contoh dari hal yang terkecil dengan menerapkan Lingkungan bebas dari sampah plastik. Solusi kedepan supaya mencegah dan meminimalisir jumlah sampah yang makin banyak ,dengan tidak menghidangkan makanan dan minuman dan berbagai jenis jajanan yang dibungkus plastik.

” Kami selaku penggiat, dalam kegiatan sosialisasi ini sudah memberikan contoh dan prilaku paling sederhana dengan tidak menghidangkan jajanan yang terbungkus dari plastik, “himbau Krisna.

Diterangkan pula dalam sosialisasi ini bagaimana mengelola sampah yang tepat, langkah awal adalah membatasi pengunaan plastik dan menekan serta mengurangi peredaran plstik demi tujuan atau gerakan Indonesia bersih sampah,
metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) atau (Mengurangi, Menggunakan ulang, Mendaur ulang).

Metode ini lah yang nanti nya secara otomatis akan menekan timbunan sampah plastik yang ada, “tambah Krisna.

Harapan dan himbauan dalam waktu jangka panjang, sosialisasi ini harus segera Terealisasi di desa, supaya segera membentuk atau menambah bak sampah dan lebih memperbanyak bak sampah dimana adanya bak sampah, manfaat yang tinggi terhadap ekonomi dan lingkungan.

Selain itu pemerintah akan menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung tercapainya program ini demi gerakan Indonesia bersih sampah,” jelas Krisna . ( Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *