Kabupaten Blitar Dipercaya Mewakili Jawa Timur Dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara Di TMII

detikcyber.com, BLITAR – Hasil dari beberapa kali mengikuti festival Jatim Specta Night Carnival dibeberapa daerah, kini Gubenur Jawa Timur Sukarwo mengapresiasi Kabupaten Blitar. Atas apresisasi tersebut Kabupaten Blitar dipercaya mewakili dari Provinsi Jawa Timur pada perhelatan akbar tingkat nasional, yang digelar pada Minggu (11/11/18) depan bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Drs. Hartono MM saat menunjukkan piala kejuaraan Festival Jatim Specta Night Carnival yang berhasil disabet Pemkab Blitar. (Foto By Anton)

Perihal itu diamini oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Luhur Sejati, S.Pd, M.Pd melalui Kabid Kebudayaan Drs. Hartono MM. Pihaknya menerangkan secara detail, kali terakhir Kabupaten Blitar mendapat juara dengan nilai tertingi, terkait paling spectakuler dan menjadi nominasi unggulan terbaik, dengan sistem penilaian dari beberapa aspek. Meliputi, dari aspek penyajian tari, komposisi musik dan kereta hiasnya dengan berkompetisi sebanyak 26 peserta dari berbagai kabupaten maupun kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Menurutnya, pagelaran akbar yang akan di ikuti oleh Kabupaten Blitar di Jakarta minggu depan, merupakan parade seni budaya dengan tema Keprajuritan Nusantara tahun 2018 .

Peserta dari Kabupaten Blitar yang tampil saat mengikuti Festival Jatim Specta Night Carnival . (Foto by Anton)

Dijelaskan pula, dalam festival itu nantinya selain mampu menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan serta mempertebal semangat kewiraan di kalangan generasi penerus bangsa. Juga menjaga kedaulatan bangsa, serta memperkenalkan kembali tokoh-tokoh dan pahlawan pejuang bangsa sejak jaman kerajaan hingga kemerdekaan.di masing-masing daerah yang ada di tanah air.

Adapun makna digelarnya festival itu lanjut Hartono, diharapkan mampu menghargai jasa-jasa pahlawan & pejuang bangsa dalam mempertahankan Ibu pertiwi, dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan generasi muda untuk Bela Negara, ” terang Hartono.

Peserta dari Kabupaten Blitar dalam rangka ikut event Festival Jatim Specta Night Carnival Di Sumenep. (Foto by Anton)

Masih menurut Hartono, dalam fedtival di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) nantinya Kabupaten Blitar akan mengusung tema yang sama saat mengikuti pagelaran di Kabupaten Sumenep yang lalu. Dengan mengangkat tema saat perjalanan kerajaan Majapahit memasuki wilayah Blitar yaitu di Candi Penataran.

Di TMII nanti dari Pemkab Blitar juga akan mengangkat tema, ” Bregodo Dharma Wangsa Rajasa ” (barisan prajurit Majapahit yang mendharma baktikan terhadap dinasti Wangsa Rajasa- red). Namun dalam perkembangannya pada cerita akan menonjolkan tokoh Tribuana Tunggal Dewi,” pungkasnya. (Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *