LESTARIKAN DAN PUPUK BUDAYA LOKAL DIERA GLOBAL

detikcyber.com, KAJEN –  Saat ini Kita hidup pada  jaman yang  tidak ada batasan global, oleh karena itu kita harus mengenal dan memberikan edukasi secara utuh kepada anak anak, agar mereka mencintai budaya sendiri dan bangga dengan apa yag sudah diwariskan oleh leluhur.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pekalongan Asip Khlobihi pada pagelaran wayang kulit kabupaten Pekalongan di RRI Purwokerto baru baru ini (27/10).

” Oleh karena itu kita akan perkuat dengan pembangunan berkeseimbangan,  membangun infrastruktur sekaligus membangun budaya sebagai identitas bangsa indonesia” ungkap Asip Kholbihi.

Saksikan Wayang bersama Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi SH.M.Si dengan para OPD dan para Kepala Sekolah SMP Negeri ketika menyaksikan wayang kulit di RRI Purwokerto dengan dalang dari Kabupaten Pekalongan. (Foto : Leles)

Dengan demikian dimasa mendatang kita bisa menjadi bangsa adidaya budaya di dunia. Marilah kita pupuk terus budaya lokal kita ditengah tengah arus globalisasi yg cenderung melupakan budaya sendiri .

Menurut Bupati  wayang orang malam ini adalah bentuk karya  nyata kita untuk mempertahankan kan budaya sekaligus menarik para generasi muda. ” Berkesenian dan berkebudayaan kita bangun dengan sepenuh hati untuk menegaskan bahwa indonesia memang layak menjadi negara adikuasa budaya” tandasnya.

Pada kesempatan ini Bupati juga mengenalkan kepada pendengar RRI Purwokerto bahwa kabupaten Pekalongan Terletak dipantai utara jawa, terkenal dengan kerajinan batik dan keindahan alam yang sangat luar biasa. Dan memiliki  satu satu nya hutan alam yang masih tersisa di pulau jawa yaitu hutan alam petungkriyono dan sudah ditetapkan menjadi nasional nature heritage

” Mudah mudahan hutan ini bisa kita jaga sebagai bentuk pertanggungjawaban kita untuk mengelola alam dengan baik dan membawa manfaat yang lebih besar bagi seluruh makhluk hidup yang ada disekitar hutan termasuk kita’ terangnya.

Disamping punya hutan kabupaten Pekalongan dikenal sebagai legenda batik Nusantara. Batik pekalongan memiliki keunggulan dari aspek kaya warna dan motif selalu mendekatkan flora dan fauna sebagi ciri kabupaten Pekalongan.

Kabupaten Pekalongan  juga dikenal sebagai legenda batik nusantara. Batik jawa  hokokai hasil alkuturasi jawa dan jepang. Dimana pada batik  menggambarkan Kabupaten Pekalongan bagaimana keragaman kita rajut dengan baik dan harmonisasi dari masyarakat yg terdiri dari banyak suku dan antar agama juga harmoni semua berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara itu Kepala Kasi Layanan dan usaha RRI Purwokerto Haniffahridads S.H menyampaikan teknologi informasi dan komunikasi yang modern telah menghubungkan manusia dibelahan dunia menjadi satu sistem komunikasi seolah olah belahan dunia ini sudah semakin sempit.

Karena akses informasi apa saja sangat mudah kita dapatkan namun demikian kita jg berhati hati dalam menerima informasi tersebut. Disisi lain dengan kemajuan teknologi informasi telah memperlancar terbentuknya budaya dunia yakni budaya yg dianut olah seluruh umat manusia, budaya tersebut bisa saja berasal dari suatu pangsa dan ras namun proses globalisasi telah menjadikan budaya semua orang diperkenalkan secara sistematis dan intensif diseluruh pelosok dunia.

Oleh karena itu diera ini RRI masih mempunyai peranan yang strategis untuk menstimulus masyarakat karena informasi sudah menjadi kebutuhan dan hiburan. ( LES – 25 )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *