Seorang Pengacara Tipu Pengusaha Tambang Rp 309 Juta

detikcyber.com, BOJONEGORO – Arif Afandi (46),merupakan warga Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya berhasil diamankan polisi saat sedang melakukan ritual di Pesarean Balakan yang berada di Dusun Balakan, Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Arif Afandi seorang pengacara yang ditangkap polisi itu karena melakukan penipuan terhadap seorang pengusaha tambang di Dusun Sawen, Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa sepucuk senpi dan beberapa kartu LSM dan Pers serta tiga unit mobil, kartu identitas berupa SIM, KTP, KTA Ikadin, dan uang hasil penipuan..

Aksi penipuan tersebut,berawal saat Arif meminta sejumlah uang secara bertahap kepada Chobul Rochman (50), warga Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro dengan total uang Rp 309 juta.

Menurut  keterangan Arif, uang tersebut untuk mempercepat proses pengajuan izin tambang yang ada di Sawen Desa Sumengko Kalitidu Bojonegoro. Dengan mengaku memiliki banyak relasi untuk mempercepat penerbitan izin tambang,” kata Arif kepada awak media di Mapolres Bojonegoro, Senin (29/10/2018).

Ditempat sama Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli mengatakan, mulanya oknum pengacara tersebut menjanjikan jasa bisa mengurus izin usaha pertambangan. Dengan modus, tersangka meyakinkan kepada korban, bahwa dirinya memiliki banyak jaringan untuk mengurus ijin pertambangan. Selain itu, tersangka juga meminta fee proses pengurusan perizinan hingga Rp 309 juta yang telah ditransfer korban ke rekening pribadinya,” terang Ary.

Terbungkapnya kasus penipuan tersebut, saat Polisi melakukan penertiban penambangan tanah urug yang dikelola oleh korban. Korban merasa kaget, karena selama ini korban telah memberikan sejumlah uang kepada tersangka untuk mempercepat proses pengurusan izin serta mengondisikan atau melobi pihak polisi.

Mengetahui telah ditipu, kemudian korban melapor kepada Satreskrim Polres Bojonegoro. Petugas kemudian mengejar dan menangkap tersangka yang sedang pesta sabu di tempat kos yang berada di Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Setelah di bawa ke Polres Bojonegoro untuk dilakukan penyidikan, namun tersangka memgelabuhi petugas penjaga dan melarikan diri hingga akhirnya tertangkap di Sukoharjo, Jawa Tengah,” jelasnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah tiga kendaraan roda empat, senjata api, dokumen-dokumen, kartu kredit, kartu LSM, kartu wartawan, kartu identitas berupa SIM, KTP, KTA Ikadin, dan uang hasil penipuan. (Ngari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *