Operasi Senyap,KPK OTT Bupati Cirebon Tercatat Hartanya Rp 17,6 miliar.

detikcyber.com, JAKARTA-Tim penidakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini Rabu,(24/10) Tim KPK menangkap tangan Bupati Cirebon asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Sunjaya Purwadi Sastra. Sunjaya diduga terlibat kasus dugaan suap jual beli jabatan di Pemkab Cirebon.

“Dugaan jual-beli jabatan dan ada setoran dari pengusaha,” demikian dikatakan Agus Rahardjo Ketua KPK, saat dikonfirmasi, Rabu (24/10/2018) malam.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra yang terjaring OTT KPK.

Namun , Agus tidak menjelaskan secara detail berapa jumlah nominal uang dugaan suap jual-beli jabatan di Pemkab Cirebon yang disita oleh KPK. Rencananya Agus akan memaparkan secara rinci kasus serta kronologi operasi senyap di Cirebon, tunggu konpers besok,” ungkapnya.

Terpisah Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyampaikan, total ada tujuh orang diamankan KPK dalam OTT yang diduga terkait jual-beli jabatan ini. KPK juga mengamankan bukti transfer dan sejumlah uang miliaran rupiah,” ucapnya.

Dicek melalui situs LHKPN KPK, tercatat punya harta Rp 17,6 miliar, meliputi sejumlah 70 bidang tanah, berupa bangunan maupun tidak, yang tersebar dari Cirebon, Jakarta, Bogor dan Bekas. Ke 70 bidang tanah dan bangunannya tersebut senilai total Rp 12.066.012.350.

Sedangkan, juga tercatat mempunyai harta bergerak berupa 3 unit mobil, yaitu Toyota Avanza, Corolla, dan Toyota Kijang Innova. Total senilai Rp 500 juta.

Selain itu, dia punya harta tidak bergerak lainnya, seperti logam dan mulia senilai total Rp 450 juta. Sunjaya juga tercatat punya giro dan setara kas Rp 4.653.837.020. Bupati Cirebon Sunjaya kali terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 24 Juli 2015.

Perlu diketahui bahwa Sunjaya Purwadi Sastra merupakan Bupati Cirebon terpilih pada Pilkada 2018 bersama wakilnya, Tasiya Soemadi yang diusung oleh PDIP. Terkait operasi senyap , KPK hanya mempunyai waktu 1×24 jam untuk menetapkan status hukum Bupati Cirebon dan lainnya yang tertangkap OTT . (Dido)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *