Porprov Jateng XV 2018 Resmi Dibuka di Solo

detikcyber.com, SOLO – Opening Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XV Tahun 2018 yang digelar di Stadion Sriwedari Solo Jawa Tengah pada Jumat (19/10/2018) malam berlangsung meriah.

Helatan akbar tersebut dimulai sekitar pukul 19.45 WIB diawali atraksi wushu dari Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS), drumband Gita Pamong Praja dilanjutkan defile 35 kontingen kabupaten/kota atau 6.343 atlet. Pembukaan Porprov Jateng XV dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Forkopimda Jateng, Ketua KONI Jateng Subroto, bupati/wali kota 35 kabupaten/kota di Jateng dan ribuan tamu undangan.

Dalam sambutannya Ganjar mengatakan, olahraga selain membuat bangga Indonesia di kancah dunia. Olahraga juga mampu meredam suhu politik yang memanas karena semua menunjukkan prestasi, kebanggaan, dan rasa damai. “Olahraga inilah yang bisa mengoyak emosi, bangga, berprestasi, terus berlomba dengan sehat dan ada haru pilu, tangis air mata bangga karena prestasi belum tercapai. Luar biasa olahraga,” ucap Ganjar saat membuka Porprov Jateng di Stadion Sriwedari.

Pihaknya pun mengajak para kontingen dari 35 kabupaten/kota untuk membangun olahraga Indonesia melalui Jateng. “Saya ingin pertunjukan prestasi atlet-atlet terbaik yang nantinya akan berlomba di kelas nasional dan internasional,” jelasnya.

Dijelaskan Ganjar, olahraga sekarang ini telah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Mereka tidak hanya mendapatkan bonus, masa depan mereka pun turut diperhatikan. “Pak Jokowi dengan perhatian yang sangat luar biasa menaruh perhatian kepada para atlet Indonesia.

Tidak hanya sekadar jumlah, masa depan, dan profesi yang dikehendaki. Tapi bagaimana cara beliau memberikan, berikanlah upah atau medali sebelum keringat kering dari atlet,” kata Ganjar menegaskan. “Mudah-mudahan Pemprov, Pemkot, Pemkab juga akan meniru tindakan Pak Jokowi agar kemudian atlet kita bangga ora entek-entek (tidak habis-habis),” tambahnya.

Ditempat yang sama, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengaku bangga Kota Solo menjadi tuan rumah perhelatan olahraga empat tahunan di Jateng. Porprov Jateng XV diikuti 6.343 atlet, 1.864 official dari 35 kontingen kabupaten/kota, 46 cabang olahraga, dan 693 nomor pertandingan. Selama pelaksanaan Porprov Jateng hingga 25 Oktober 2018, para kontingen memperebutkan 693 medali emas, perak dan 952 medali perunggu.

Namun venue pertandingan tersebar di sejumlah daerah. “Di Solo ada 24 venue, Sukoharjo 10 venue, Boyolali enam venue, Karanganyar lima venue, Wonogiri dua venue, dan Kota Semarang tiga venue. Sedang untuk Sragen, Magelang, Klaten dan Blora masing-masing ada satu venue,” pungkas Rudy. (BMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *