Diduga Pungli 15 Juta,Tim Saber Pungli Polres Blitar OTT Camat dan Staf

detikcyber.com, BLITAR – Tim Saber pungli Polres Blitar tampaknya menunjukkan taringnya, pasalnya berkat adanya laporan, seorang camat dan salah satu staf di Kecamatan Kanigoro kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh tim saber pungli. Keduanya merupakan ASN Pemkab Blitar iitu diduga melakukan pungli pemecahan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT). Dalam aksi OTT yang dulakukan oleh Tim Saber Pungli Polres Blitar tersebut berhasil mengamankan uang kontan sejumlah Rp.15 juta.

Kapolres Blitar AKBP Anissula M Ridha saat menunjukkan barang bukti sejumalh uang hasil OTT.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha membenarkan perihal OTT tersebut, karena ada laporan dari korban. “Tim saber pungli melakukan operasi tangkap tangan terhadap MH dan SS di Kantor Kecamatan Kanigoro pada Kamis (18/10) sekitar pukul 14.30 Wib,” demikian dikatakan oleh kapolres kepada wartawan, Jumat (19/10/2018).

Kapolres menambahkan, MH merupakan camat di kantor kecamatan Kanigoro, Sedang SS, merupakan salah satu staf administrasi di kantor yang sama. Kedua meminta sejumlah uang jasa untuk mengurus SPPT dan pemecahan dari surat induk. Surat induk itu milik kakek korban yang akan dipecah menjadi 6, dimintai uang sebanyak Rp 15 juta,” tandas Kapolres.

Menurut Anissulah, atas tindakan keduanya melanggar PP No 53 tahun 2010 dan terbitnya Perbup Blitar. Dalam aturan tersebut menyatakan pengurusan surat-surat tanah tidak dikenakan biaya. “Kkami telah mengumpulkan alat bukti untuk ditingkatkan menjadi penyidikan. Kedua tersangka segera akan kami tahan,” tegasnya.

Atas perbuatan kedua tersangka, Polisi akan menjerat dengan  UU RI No 31 th 1999 tentang tindak pidana korupsi jo pasal 55 (1) ke-1 KUHP. Dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara paling lama 20 tahun denda miksimal Rp 1 Miliar. (Anton Sultan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *