KABUPATEN PEKALONGAN BAKAL MENJADI SENTRAL PENGHASIL BAWANG TERBESAR SE-JAWA TENGAH

detikcyber.com, KAJEN -Satu terobosan besar dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian  ( DKPP )Kabupaten Pekalongan dalam upaya  peningkatan  produktifitas lahan pertanian daerah atas seperti Kandangserang yang selama ini potensi lahan belum dimanfaatkan dengan produksi-produksi pertanian yang ekonomis.

Kepala DKPP Kab. Pekalongan : Ir. H. Siswanto. ( foto : Leles )

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ( DKPP ) Ir. H. Siswanto baru-baru ini ( 5/10 ) di ruang kerjanya  kepada Wartawan mengatakan bahwa Kapbupaten Pekalongan mempunyai daerah-daerah pegunungan yang secara iklim maupun tanahnya sangat cocok untuk ditanami dengan tanaman – tanah yang bernilai ekonomis seperti bawang putih ini.

Oleh karena itu, lanjut Siswanto DKPP memberikan bantuan bibit bawang putih 5 ton setiap 10 hektarnya untuk upaya pemanfaatan dan peningkattan lahan produktif dengan ditanami bawang putih yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Serahkan bantuan bibit : Kepala DKPP H. Siswanto ketika menyerahkan bantuan bibit bawang putih kepada perwakilan petani . ( foto : Leles )

Siswanto lebih lanjut menjelaskan bahwa rencana luas lahan yang akan ditingkatkan produktivitasnaya seluas 76 hektar yang semuanya akan ditanami bawang putih dengan tahap pertama 10 hektar , tahap II seluas 20 hektar dan tahap III seluas 46 hektar.

“ Saya berharap jika ini berhasil kedepan bahwa Kecamatan Kandangserang khususnya dan Kabupaten Pekalongan pada umumnya akan menjadi sentra penghasil bawang puth terbesar se-Jawa Tengah  dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada disekitarnya sehingga ini akan berimbas juga mengurangi angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Pekalongan “, tutur Siswanto kepada Wartawan.

Pada kesempatan penyerahan bibit bawang  H.Siswanto wanti-wanti  kepada para petani agar dengan sungguh – sungguh menggarap  lahan pertaniaanya dan s menggelolanya sehingga dapat mengahsilkan panen yang berkualitas bawangnya sehingga harganya juga bersaing dipasaran, dan pada kesempatan penyerahan bibit bawang tersebut DKPP juga menyerahkan pupuk sekalian dengan pulsanya ( plastik ). ( LES-25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *