Bentuk Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta, Warga Kelurahan Kalipang Sutojayan Gelar Pawai Budaya  

detikcyber.com, BLITAR – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73, warga Kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan Kab Blitar tak ketinggalan, mereka ikut memeriahkannya. Tepatnya, pada Minggu pagi (25/09/18) warga Kelurahan Kalipang menggelar Kirab Pawai Budaya yang diikuti oleh seluruh warga setempat.

Penampilan peserta kirab budaya yang memukau penonton.

Gelar budaya tahuni ini penonton sangat antusias menunggu jalannya arak arakan yang berasal dari perwakilan semua RT yang ada dikelurahan Sutojayan. Rangkaian arak-arakan tersebut diikuti dari berbagai elemen desa, diantaranya, dari PKK dan pelajar yang ada dilingkungan Kelurahan Kalipang. Mereka menyajikan aneka pertunjukan kesenian dengan dandanan yang lucu. Sehingga menjadi tontonan gratis dan memukau bagi ribuan warga yang memenuhi sepanjang jalan itu.

Tampilan peserta yang lucu

Pawai tersebut, menampilkan busana  Adat Madura lengkap dengan membawa clurit, kesenian Reog Ponorogo, hingga tarian masa kini, .

Disela-sela kirab Budaya,Lurah Kalipang Anob Subianta saat dikonfirmasi detikcyber.com menyampaikan, kegiatan Pawai budaya ini merupakan awal kegiatan dari rangkaian puncak acara Bersih Kelurahan yang sudah diawali dengan Kerja Bakti Pengajian Umum, Tasyakuran, Napak tilas keliling kampung, Nyadran atau ziarah makam sesepuh.

Penanpilan peserta memakai pakaian adat madura lengkap dengan cluritnya.

Menurut Anob Subianta. Kegiatan Bersih desa ini, selain merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Sutojayan kepada Sang Pencipta dan para leluhurnya sekaligus untuk mempererat ajang tali silaturahim diantara sesama warga Kalipang,”katanya.

Lebih lanjut Anob menerangkan, bahwa agenda gelaran Kirab Pawai Budaya di Kalipang ini harus diuri-uri dan merupakan kalender tetap setiap tahun diadakan. Karena juga merupakan salah satu aset desa yang dimiliki khususnya di Kalipang dan Kabupaten Blitar pada umumnya,”tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang tokoh masyarakat Sutojayan yang juga selaku panitia, Bambang Tribawono menuturkan, kegiatan bersih kelurahan ini perlu dilestarikan, karena selain menjadi destinasi wisata dam hiburan segar masyarakat, juga bisa menumbuhkan rasa kegotong-royongan diantara warga satu dengan lainnya. Menjalin hubungan yang bersinergi antar warga setempat sekaligus mendidik masyarakat agar selalu menjaga budaya bangsa,”tuturnya.

Arak-arakan Kirab Pawai Budaya Bersih Kelurahan Sutojayan yang digelar lancar itu, start dimulai dari lapangan Brubuh dan finish di Kantor Kawedanan Lodoyo Kabupaten Blitar. Menjelang sore hari  pagelaran kirab pawai Budaya itu diakhiri oleh penampilan kereta Kencana yang ditumpangi para tokoh masyarakat dan para Lurah yang pernah menjadi pemimpin di Kalipang. (Anton)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *