RSUD Srengat Blitar Dibangun, Dengan Konsep Eco Green

detikcyber.com, BLITAR – Prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Blitar terus di optimalkan, salah satunya melalui Dinas Kesehatan berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di Kecamatan Srengat.

Pembangunan Rumah Sakit di wilayah Blitar barat itu pada hari senin (10/9/18) telah dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama secara simbolis yang dilakukan oleh Bupati Blitar Rijanto. Disusul Wakil Ketua DPRD Hery Romadhon, Kepala Dinas Kesehatan dr Kuspardani, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, dan Sekda Pemkab Blitar Totok Subihandono juga ikut melakukan peletakan batu pertama di RSUD Srengat yang dibangun secara multiyears itu.

“Rumah sakit ini dibangun secara multiyears selama dua tahap, dari tahun anggaran 2018 dan tahun anggaran 2019. Pada tahap pertama pembangunan di mulai pada awal September dan akan selesai pada bulan November atau awal Desember 2018,” demikian dikatakan oleh dr Kuspardani Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Blitar.

Untuk pembangunan RSUD Srengat tahap pertama lanjut Kuspardani, Pemkab Blitar mengalokasikan anggaran senilai Rp 90 miliar dari dana alokasi umum (DAU). Sedang untuk APBD 2019, anggaran yang dikucurkan juga masih sama, yakni Rp 90 miliar. Dia berharap di dengan kondisi waktu yang cukup mepet ini, penyerapan anggaran bisa maksimal.

Namun bila pihak rekanan selaku pelaksana proyek dalam menyerap anggaran tidak dapat maksimal, maka anggaran dapat di-silpa-kan untuk diserap tahun depan. Tentunya kami berusaha semaksimal mungkin agar pembangunan rumah sakit ini selesai tepat waktu. Kami juga siapkan SDM dan sarana prasarana agar rumah sakit ini begitu selesai bisa segera dinikmati oleh masyarakat,” katanya.

Menurut rencana rumah sakit Srengat ini dibangun dengan standar RSUD kelas C dengan pelayanan empat spesialis dasar,diantaranya spesialis anak, obstetri dan ginekologi, spesialis penyakit dalam, dan spesialis bedah. Selain itu, Rumah sakit ini memiliki 4 lantai dengan 100 kamar dan dilengkapi dengan ruang rawat jalan, rawat inap, ruang operasi, ICU, laboratorium dan ruang penunjang lainnya. Sedangkan gedung penunjang terdiri dari Masjid, tempat parkir, asrama dan rumah dinas.

RSUD Srengat yang berlokasi di Jalan Raya Dandong ini nantinya memiliki fasilitas layanan yang lengkap, mengusung konsep Eco Green atau ramah lingkungan.

“Rumah sakit ini mengusung konsep ramah lingkungan. Nantinya di rumah sakit ini akan banyak pepohonan dan taman-teman berukuran besar. Kemudian untuk listrik, penggunaanya akan diminimalisasi seminim-minimnya. Dan tentunya akan menjadi kebanggaan warga Kabupaten Blitar, “ pungkas Kuspardani.

Terpisah Bupati Blitar Drs Rijanto MM disela sela sambutannya berharap kehadiran RSUD Srengat dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Blitar, khsususnya masyarakat yang tinggal di Blitar wilayah barat.

Bupati Blitar Drs Rijanto MM potong tumpeng yang diserahkan kepada Kadin Kesehatan dr Kuspardani, pertanda dimulainya pembangunan RSUD Srengat

Sebelumnya, Kabupaten Blitar hanya memiliki satu rumah sakit yakni RSUD di Kecamatan Wlingi yang letaknya cukup jauh dari Blitar barat. Sehingga warga Blitar barat apabila berobat mencari jarak terdekat dan memilih ke Kota Blitar atau Kabupaten Tulungagung.

“Semoga ke depan rumah sakit ini bias memberikan kemanfaatkan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Blitar.

Pembangunan rumah sakit ini sesuai dengan visi dan misi saya bersama Bapak Marhaeinis (wakil bupati) yakni menuju Kabupaten  Blitar lebih sejahtera, maju dan berdaya saing melalui peningkatan mutu di bidang pendidikan dan kesehatan. Salah satu mewujudkan visi dan misi tersebut adalah dengan membangun RSUD Srengat,” jelas Rijanto.

Akhir kata, bupati berpesan kepada semua pihak harus bekerja sama dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan kualitas fisik,” punkasnya. (Okta/anton)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *