Terkait Kasus Pungli : Kapolres Kediri Masih Diperiksa

detikcyber.com, JAKARTA – Terkait kasus dugaan pungli di Satpas Polres Kediri, yang kena OTT(Operasi Tangkap Tangan) oleh Tim Saber Pungli Sabtu (18/8) bulan lau, saat ini Kapolres Kediri AKBP ER masih menjalani proses pemeriksaan di Divisi Propam Polri . Usai pemeriksaan, Propam Polri akan membentuk komisi untuk sidang kode etik,” kata Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo Rabu (5/9/2018).

Sigit mengatakan pihaknya telah merekomendasikan AKBP ER untuk dievaluasi debagai Kapolres Kediri. Namun detailnya Sigit belum mengerti apakah rekomendasi tersebut diterima atau tidak oleh SSDM Polri. Telah direkomendasikan untuk dievaluasi terkait dengan posisi jabatan yang bersangkutan. Untuk mutasi yang mengeluarkan dari SDM Polri, terkait usulan evaluasi dari Propam,” jelasSigit.

Seperti dikabarkan penangkapan AKBP ER ini bermula ditemukan pungli di Satpas Polres Kediri, Sabtu (18/8). Diduga, ada penarikan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP), sementara biaya penarikannya bervariasi, kisaran mulai Rp 500 ribu hingga Rp 650 ribu.

Selanjutnya hasilnya, setiap hari uang Rp 300 ribu disetorkan kepada pegawai ASN berinisial AN. Lalu, uang tersebut dikumpulkan AN kepada oknum personel Polres Kediri berinisial Bripka IK. Kemudian, Bripka IK mengumpulkan uang dan diduga didistribusikan setiap minggunya ke Kapolres Kediri sejumlah Rp 40-50 juta.

Selain disetorkan Kapolres, uang itu diduga juga disetorkan kepada Kasat Lantas Polres Kediri sebesar Rp 10-15 juta. Sedang, untuk Baur SIM dan KRI, diduga memperoleh setoran mulai Rp 2-3 juta tiap minggunya.(BMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *