Ke Empat Kali, KPK Geledah Rumdin Walikota Blitar

detikcyber.com, BLITAR -Tim penyidik lembaga antirasuah KPK kembali menggeledah rumah dinas Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar sekitar pukul 17.30 WIB. Tampak, tim penyidik KPK membawa satu koper diduga berisi dokumen-dokumen. Proses penggeledahan KPK di rumah dinas wali kota Blitar berlangsung selama empat jam. Penyidik datang Selasa (4/9) sekitar pukul 13.30 WIB dan meninggalkan rumah dinas sekitar pukul 17.30 WIB. Tim KPK menggunakan mobil warna hitam dengan Nopol W 1718 PY.

Kabid Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Blitar, Adam Bachtiar yang berjaga di rumah dinas saat dikonfirmasi mengatakan, KPK membawa satu koper saat meninggalkan rumah dinas. Karena saya tidak ikut menyaksikan proses penggeledahan,” katanya..

Lebih lanjut Adam mantan Kepala Terminal Patria Blitar menyampaikan,KPK sempat mendatangkan tukang kunci ke rumah dinas. Tapi, dia tidak tahu tukang kunci itu disuruh mengerjakan apa. Saat ditanya apakah tukang kunci itu diminta tolong untuk membuka brankas, Adam tidak berkomentar.

Menurut pantauan, Sebelumnya, ada empat penyidik KPK yang datang ke rumah dinas wali kota. Proses penggeledahan KPK di rumah dinas wali kota mendapat pengawalan dari Polres Blitar Kota. Sejumlah petugas Satpol PP juga tampak ikut berjaga di rumah dinas wali kota. Petugas Satpol PP menutup pintu gerbang masuk ke rumah dinas wali kota. Wartawan hanya diperbolehkan berada di luar pintu gerbang.

Terpisah Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan pihaknya memang dimintai bantuan pengamanan terbuka terkait aktivitas KPK di Kota Blitar. “Ada permintaan bantuan pengamanan dari KPK hari ini. Ada empat personel yang kami terjunkan untuk membantu pengamanan,” kata AKBP Adewira Negara Siregar.

Terkait penggeledahan yang dilakukan oleh Tim KPK di rumah dinas wali kota Blitar  sudah yang keempat kalinya pasca penetapan tersangka Wali Kota Blitar nonaktif Samanhudi Anwar terkait kasus dugaan suap terkait proyek pembangunan gedung baru SMPN 3 Kota Blitar. (Anton/Okta)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *