Pasutri Miliki Ganja 12 Kg, Divonis 17 Tahun

detikcyber.com, SURABAYA – Pasangan suami istri Mochamad Wahyudi dan Ayuk Shelsy Handayani divonis hakim 17 tahun penjara karena terbukti atas kepemilikan ganja seberat 12 kilogram (kg). Selain kedua terdakwa pasutri itu, juga melibatkan terdakwa lain, yakni Machmud Aminulloh yang juga dituntut pidana sama yaitu 17 tahun penjara .

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Putu Parwati SH, membacakan berkas tuntutannya di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (7/8/2018) menyatakan, ketiga terdakwa ini memang layak dijerat pidana karena kepemilikan ganja. Ketiganya dijerat Pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebelum menuntut ketiga terdakwa dengan pidana 17 tahun, JPU mempertimbangkan dua hal. Hal memberatkan, perbuatan mereka tak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkoba. Sedangkan yang meringankan adalah ketiga terdakwa bersikap sopan dan belum pernah dihukum. “Menuntut pidana 17 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subside tiga bulan kurungan,” tuturnya.

Seperti dikabarkan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim menangkap Aminulloh di kantor pos pada 2 Maret 2018 bertugas sebagai kurir yang akan mengambil ganja yang diselundupkan kedalam kemasan kopi.

Saat ditangkap dan dilakukan penggeledahan, ditemukan dua kardus paket berisikan narkotika jenis ganja. Pada kardus pertama berisi 10 bungkus kopi dan kardus kedua berisi 14 bungkus kopi. Tiap bungkus kopi tersebut berisi 24 bungkus ganja dengan berat masing-masing 5.010 gram. Sehingga total keseluruhan 12.240 kilogram ganja. Pada hari yang sama, tim BNNP Jatim kemudian menggerebek kediaman Wahyudi di Tambaksawah, Sidoarjo.

Hasilnya, diketahui peran mereka masing-masing yaitu Wahyudi sebagai otak dari dari Mamat (DPO) dari Jakarta dan sudah dua kali bertransaksi. Sedangkan Ayuk Shelsy Handayani, istri Wahyudi mengaku dirinya dipaksa untuk memberikan KTP nya, untuk mengambil barang identitasnya dipalsukan. (Rein)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *