Illegal Logging : Oknum Polisi Diduga Terlibat Mengawal Kayu Jati Curian

detikcyber.com, Blora – Prilaku oknum polisi ini sebaiknya tidak untuk di contoh, pasalnya sebagai seorang polisi seharusnya memberikan tauladan yang baik kepada masyarakat bukannya malah melawan hukum.

Di Blora, seorang oknum anggota Polres Blora, Jawa Tengah diduga ikut terlibat terkait kasus pencurian kayu jati di wilayah kerja Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Cepu, Blora. Kasus illegal logging ini berawal saat jajaran petugas Perhutani KPH Cepu menghentikan sebuah truk dengan nopol K 1810 CE pada Selasa (10/7/2018) sekitar pukul 14.00 WIB. Pihak Perhutani memperoleh laporan jika ada truk yang mengangkut kayu jati hasil curian sedang melintas di sekitar RPH Kedungprahu. Benar, setelah dicegat, truk tersebut melintas dan membawa kayu. Saat diperiksa, petugas mencurigai legalitas dokumen puluhan kayu jati yang diangkut di dalam bak truk yang dikemudikan oleh Eko Prasetyo (38), merupakan warga Kecamatan Jepon, Blora.

Hasil pemeriksaan, kayu tersebut tidak absah identitasnya , lantas petugas mengamankan kayu jati yang berukuran mencapai 4 meter atau 2,9 m3 sejumlah 24 batang. Pasalnya, surat identitas kayu tidak sesuai dengan bukti fisik. Kemudian Petugas  mengamankan sopir truk dan oknum anggota Polsek Bogorejo, berinisial R.

Kapolres Blora AKBP Saptono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kasus pencurian kayu yang diduga melibatkan oknum anggota kepolisian. “Memang benar ada anggota kami yang diduga terlibat mengawal perjalanan truk berisi kayu ilegal tersebut. Jika terbukti bersalah, kami tidak akan segan memprosesnya sesuai prosedur hukum,” kata AKBP Saptono SIK M.H. Kini sasus Illegal logging tersebut diserahkan kepada Satreskrim Polres Blora. Saat ini dan kasusnya masih ditangani secara intensif. (Ngari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *