WAKAPOLRI : STREET CRIME HARUS DIBERANTAS

detikcyber.com, JAKARTA – Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan, bahwa kejahatan jalanan atau street crime harus diberantas dan kejahatan jalanan mudah untuk diatasi. Ini bila dibandingkan dengan kejahatan yang lebih besar seperti terorisme. “Namanya street crime itu gampang mengatasinya, gampang menanganinya,” kata Syafruddin di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Pihaknya memberikan waktu selama satu bulan bagi jajarannya untuk memberantas kejahatan jalanan. Pemberantasan harus dilakukan hingga tuntas. Selain itu, Syafruddin juga memerintahkan kepada jajarannya untuk mengungkap kasus-kasus kejahatan jalanan. Apabila tidak terungkap, maka akan dilakukan evaluasi dan akan diganti apabila tidak mampu bekerja dengan baik,”tandasnya.

“Kalau tidak terungkap saya kan sudah bilang, kita akan evalusi pemimpinnya, Kapolresnya, Kapolseknya, kita tinggal ganti saja. Satu bulan saya beri waktu,” jelas Syafruddin. Menurutnya, pemberantasan kejahatan jalanan tersebut tidak hanya di Jakarta saja. Melainkan, harus dilakukan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sebelumnya. Tito juga telah memerintahkan kepada seluruh Kapolda untuk menggelar operasi kejahatan jalanan atau street crime. Operasi ini digelar untuk menciptakan keamanan menjelang Asian Games 2018.

Selain itu, operasi kejahatan jalanan ini akan terus dievaluasi setiap minggu oleh Mabes Polri. Kapolda pun, harus memastikan jajarannya dapat mengungkap kejahatan jalanan yang ada di wilayahnya. Karenanya, Tito tidak segan mencopot jajaran yang tidak berhasil mengungkapkan kejahatan jalanan.

Menurutnya, jajaran yang dapat dicopotnya terkait hal ini diantaranya Kapolres, Direktur Reserse, ataupun Kepala Satuan Reserse. “Kalau misalnya dalam satu bulan ini ada kejadian tidak terungkap ya diganti, berarti dia tidak bisa kerja,” ungkap Tito.(dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *